Main Article Content
Abstract
Dalam praktek jual beli di Islam sangat dibutuhkan penerapan etika bisnis Islam agar tidak terjadi adanya malpraktik. Terlebih pada jual beli online yang dimana menggunakan sistem affiliate, disini affiliate marketer menjualkan produk dari sebuah Brand. Nantinya pembeli akan membeli produk melalui link yang dibagikan oleh affiliate marketer kemudian affiliate marketer akan mendapatkan komisi dari penjualan tersebut. Hal tersebut berbeda dengan prinsip jual beli Islam yang dimana penjual harus menjualkan barang miliknya sendiri. Apakah jual beli menggunakan sistem affiliate ini diperbolehkan pada jual beli Islam jika didalamnya tidak mengandung unsur penipuan. Pada penelitian ini peneliti akan meneliti terkait penerapan etika bisnis Islam pada penjualan produk Sheriz dengan sistem affiliate pada marketplace Tik Tok Shop. Metode yang dilakukan oleh peneliti pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan wawancara kepada pemilik Brand Sheriz dan affiliate marketer Brand Sheriz. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Brand Sheriz dan juga affiliate marketer Brand Sheriz telah menerapkan etika bisnis Islam pada penjualan melalui sistem affiliate marketplace Tik Tok Shop. Dalam penjualannya menggunakan sistem affiliate pada marketplace Tik Tok Shop Brand Sheriz dan juga affiliate marketer produk Brand Sheriz tidak ada mengandung unsur penipuan walaupun penjualan produknya melalui sistem affiliate yang dimana berbasis online atau bisa dibilang belanja online. Penelitian ini dapat memberikan saran kepada pihak Brand Sheriz agar dapat mempertahankan atau bahkan menambahkan unsur - unsur etika bisnis Islam dalam penjualannya melalui sistem affiliate marketplace Tik Tok Shop. Penelitian ini juga memberikan saran kepada affiliate marketer Brand Sheriz agar selalu memperhatikan dan mengimplementasikan unsur etika bisnis Islam dalam mempromosikan produk yang dijual menggunakan sistem affiliate Tik Tok Shop. Serta penelitian ini memberikan saran untuk pembacanya agar selalu menerapkan etika bisnis Islam dalam melakukan bisnis sesuai dengan syariat islam.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Amelia, S., Fasa, M. I., & Suharto, S. (2022). Pengaruh Implementasi Etika Bisnis, Konsep Produksi dan Distribusi pada UMKM terhadap Profitabilitas dalam Persfektif Ekonomi Islam. Juremi: Jurnal Riset Ekonomi, 1(4), 305–313. https://doi.org/10.53625/juremi.v1i4.729
- Anganthi, N. R. N. (2020). Psikologi Kepribadian dalam Perspektif Spiritual Ilahiah: Mengenal Konsep Tauhid Asma Wa Sifat Asmaul Husna. Muhammadiyah University Press.
- Asmani, J. M. (2015). Manajemen Efektif Marketing Sekolah: Strategi Menerapkan Jiwa Kompetisi dan Sportivitas untuk Melahirkan Sekolah Unggulan. Diva Press.
- Dwiyanti, S. A. I., & Fitri, A. I. (2021). Efektivitas Media Tiktok dan Influencer Mendongkrak Penjual Lippie Serum Raecca Dipandemi Covid 19. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis (EK&BI), 4(1), 345–353. https://doi.org/10.37600/ekbi.v4i1.210 Google Scholar
- Helianthusonfri, J. (2016). Affiliate Marketing Modal Dengkul. PT Elex Media Komputindo.
- Karl, A. G. (2009). Modernism and the Marketplace: Literary Culture and Consumer Capitalism in Rhys, Woolf Stein, and Nella Larsen. Routledge: Taylor & Francis Group.
- Muhammad. (2009). Label Halal dan Spiritual Bisnis Interpretasi atas Bisnis Home Industry. Jurnal Salam, 12(2), 101–128.
- Ningrum, D. N., & Hadi, S. (2023). Implementasi Etika Bisnis Islam dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan (Studi pada Konveksi Rizma Collection). JEBISKU: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kudus, 1(1).
- Ratu, E. P., & Tulung, J. E. (2022). The Impact Of Digital Marketing, Sales Promotion, And Electronic Word Of Mouth On Customer Purchase Intention At Tiktok Shop. EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(4), 149–158. Google Scholar
- Saifullah, M. (2011). Etika Bisnis Islam dalam Praktek Bisnis Rasulullah. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 19(1), 127–156. https://doi.org/10.21580/ws.19.1.215
- Sampurno, W. M. (2016). Penerapan etika bisnis Islam dan dampaknya terhadap kemajuan bisnis industri rumah tangga. Journal of Islamic Economics Lariba, 2(1), 13–18.
- Sari, M. N., Septrizarty, R., Farlina, W., Kahar, A., & Nurofik, A. (2023). Analisis Strategi Bisnis UMKM melalui Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Shop. Journal of Economics and Management Scienties, 160–168. https://doi.org/10.37034/jems.v5i3.18
- Sidabalok, S. B. (2016). Peta Sukses Membangun Kerajaan Bisnis Online. PT Elex Media Komputindo.
- Zamzam, H. F., & Aravik, H. (2020). Etika Bisnis Islam Seni Berbisnis Keberkahan. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=obfpDwAAQBAJ
References
Amelia, S., Fasa, M. I., & Suharto, S. (2022). Pengaruh Implementasi Etika Bisnis, Konsep Produksi dan Distribusi pada UMKM terhadap Profitabilitas dalam Persfektif Ekonomi Islam. Juremi: Jurnal Riset Ekonomi, 1(4), 305–313. https://doi.org/10.53625/juremi.v1i4.729
Anganthi, N. R. N. (2020). Psikologi Kepribadian dalam Perspektif Spiritual Ilahiah: Mengenal Konsep Tauhid Asma Wa Sifat Asmaul Husna. Muhammadiyah University Press.
Asmani, J. M. (2015). Manajemen Efektif Marketing Sekolah: Strategi Menerapkan Jiwa Kompetisi dan Sportivitas untuk Melahirkan Sekolah Unggulan. Diva Press.
Dwiyanti, S. A. I., & Fitri, A. I. (2021). Efektivitas Media Tiktok dan Influencer Mendongkrak Penjual Lippie Serum Raecca Dipandemi Covid 19. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis (EK&BI), 4(1), 345–353. https://doi.org/10.37600/ekbi.v4i1.210 Google Scholar
Helianthusonfri, J. (2016). Affiliate Marketing Modal Dengkul. PT Elex Media Komputindo.
Karl, A. G. (2009). Modernism and the Marketplace: Literary Culture and Consumer Capitalism in Rhys, Woolf Stein, and Nella Larsen. Routledge: Taylor & Francis Group.
Muhammad. (2009). Label Halal dan Spiritual Bisnis Interpretasi atas Bisnis Home Industry. Jurnal Salam, 12(2), 101–128.
Ningrum, D. N., & Hadi, S. (2023). Implementasi Etika Bisnis Islam dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan (Studi pada Konveksi Rizma Collection). JEBISKU: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kudus, 1(1).
Ratu, E. P., & Tulung, J. E. (2022). The Impact Of Digital Marketing, Sales Promotion, And Electronic Word Of Mouth On Customer Purchase Intention At Tiktok Shop. EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(4), 149–158. Google Scholar
Saifullah, M. (2011). Etika Bisnis Islam dalam Praktek Bisnis Rasulullah. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 19(1), 127–156. https://doi.org/10.21580/ws.19.1.215
Sampurno, W. M. (2016). Penerapan etika bisnis Islam dan dampaknya terhadap kemajuan bisnis industri rumah tangga. Journal of Islamic Economics Lariba, 2(1), 13–18.
Sari, M. N., Septrizarty, R., Farlina, W., Kahar, A., & Nurofik, A. (2023). Analisis Strategi Bisnis UMKM melalui Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Shop. Journal of Economics and Management Scienties, 160–168. https://doi.org/10.37034/jems.v5i3.18
Sidabalok, S. B. (2016). Peta Sukses Membangun Kerajaan Bisnis Online. PT Elex Media Komputindo.
Zamzam, H. F., & Aravik, H. (2020). Etika Bisnis Islam Seni Berbisnis Keberkahan. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=obfpDwAAQBAJ