Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh religiusitas, sertifikat halal, harga, norma sosial, dan kesadaran halal terhadap preferensi masyarakat untuk mengonsumsi produk halal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner menggunakan fitur google form secara online. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Non-probability sampling dengan teknik jugdmental sampling atau disebut juga purposive sampling. Berdasarkan teknik tersebut maka jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah sebanyak 150 responden. Sedangkan pada penelitian ini metode analisis data yang digunakan adalah SEM (Structural Equation Modeling) untuk menguji hipotesis dengan software SmartPLS 3.0 dan Microsoft Excel 2010. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa religiusitas, harga, dan kesadaran halal berpengaruh signifikan secara parsial terhadap preferensi masyarakat untuk mengonsumsi produk halal. Sedangkan sertifikat halal dan norma sosial tidak berpengaruh signifikan terhadap preferensi masyarakat untuk mengonsumsi produk halal. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa secara silmultan religiusitas, sertifikat halal, harga, norma social dan kesadaran halal berpengaruh terhadap preferensi masyarakat untuk mengonsumsi produk halal sebesar 70,6% dan sisanya di pengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini.

Keywords

Aspek Halal Religiusitas Sertifikat Halal Harga Norma Sosial Kesadaran Halal Preferensi Untuk Mengonsumsi Produk Halal

Article Details